Peringati Hari Lahir Pancasila, Kodim 1008/Tabalong Gelar Upacara


Tabalong - Kodim 1008/Tabalong menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang bertempat di Halaman Nanggala Makodim, Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong. Sabtu (01/06). 


Upacara dipimpin Komandan Kodim 1008/Tabalong dan diikuti seluruh Perwira dan anggota Kodim 1008/Tabalong. 


Dalam kesempatan ini, Dandim Letkol Inf Budi Galih, SAP., MIP membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. 


Pada hari ini, (tanggal) 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Sadan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). 


Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Terna ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukankita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. 


Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh turnpah indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia. 


Mengakhiri pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila1 Juni, tutup Dandim.(red/pen1008).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama