Dandim 1009/Tanah Laut Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024


Pelaihari - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., menghadiri upacara memperingati hari lahir Pancasila yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut, bertempat di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut Jl. A. Syaerani, Kel. Angsau, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Sabtu (01/06/2024).


Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Hari dimana Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).


Adapun Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Terkandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.


Pj. Bupati Tanah Laut selaku Inspektur upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI) yang menyampaikan bahwa sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional, "Bhinneka Tunggal Ika".


Lebih lanjut Pj. Bupati mengajak seluruh komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar, Pancasila juga merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini," tutur Pj. Bupati.


"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," ungkap Pj. Bupati mengakhiri amanatnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama