Personel Kodim 1009/Tanah Laut Dampingi Tim Percepatan Penurunan Stunting Di Desa Jilatan


Tanah Laut - Babinsa jajaran Koramil 1009-01/Jorong Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman terus mendampingi Tim Percepatan Penurunan Stunting khususnya di wilayah Desa Jilatan, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut,  Rabu (19/06/2024).


Dalam upaya percepatan penurunan angka stunting, salah satu upaya yang dilakukan adalah Sosialisasi Penanganan Stunting, Pelaksanaan imunisasi, Pemberian makan tambahan berupa Susu, Vitamin dan Biskuit dengan tujuan memenuhi asupan gizi bagi Balita sehingga dapat mempercepat tumbuh kembang anak dan terhindar dari stunting.


Serda Kasduri selaku Babinsa Jilatan mengatakan bahwa selain upaya yang telah dilaksanakan, pendataan angka stunting/input data juga menjadi perhatian khusus. Hal ini dikarenakan angka stunting di Kabupaten Tanah Laut cukup tinggi mencapai angka 40% dan hal tersebut salah satu faktor penyebabnya adalah kesalahan dalam input data pada saat percepatan penurunan angka stunting sebelumnya.


"Belajar dari pengalaman sebelumnya, hari ini kami bersama tim juga melaksanakan pendataan secara nyata jumlah balita dan ibu hamil yang ada di Desa Jilatan. Untuk selanjutnya bagi balita stunting langsung diinput ke aplikasi yang telah disediakan dan hasilnya lebih sedikit dari data sebelumnya," ujarnya Serda Kasduri.


Saat dikonfirmasi Dandim 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., melalui Danramil 1009-01/Jorong Kapten Inf Haris menyampaikan, penurunan angka stunting merupakan salah program yang menjadi perhatian semua pihak termasuk TNI AD melalui para Babinsa, tidak hanya membantu pendataan, tetapi juga penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat yang memiliki Balita maupun para ibu hamil. 


"Kegiatan yang dilakukan Kodim 1009/Tanah Laut, khususnya para Babinsa Jajaran adalah wujud dukungan terhadap program Pemkab Tanah Laut dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting dan peningkatan gizi pada Balita, serta pemenuhan target nasional dimana angka prevalensi stunting harus turun menjadi 14 persen," tutur Danramil.


“Kami selaku satuan komando kewilayahan akan terus meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program-program pemerintah, termasuk mendukung penurunan angka stunting,” pungkasnya. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama