Personel Kodim 1009/Tanah Laut Hadiri Kick Off Pelaksanaan 10 Pasti Intervensi Serentak Penurunan Stunting Pemkab Tala


Pelaihari- Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., diwakili oleh Pelaksana Harian Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Inf Jodi Mudasir, menghadiri undangan Kick Off Pelaksanaan 10 Pasti Intervensi Serentak Penurunan Stunting oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala), bertempat di Halaman Kantor Bupati Tala, Senin (27/05/2024).


Pelaksanaan 10 intervensi serentak penurunan stunting ditandai dengan pemukulan gong oleh Penjabat (Pj) Bupati Tala, H. Syamsir Rahman didampingi oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Tala, Hj. Rizki Yulia Syamsir Rahman serta Unsur Forkopimda Tanah Laut.


Pj. Bupati Tala Ir. H. Syamsir Rahman menyampaikan bahwa program 10 pasti intervensi serentak penurunan stunting sebagai upaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Tanah Laut yang mengalami kenaikan hingga 40% dan tertinggi di Kalimantan Selatan.


"Kepada Dinas Kesehatan dan puskesmas-puskemas agar mengecek dan menghitung ulang data stunting yang ada dengan menggunakan alat ukur terbaru yang sudah sesuai standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Karena salah satu faktor penyebab naiknya angka Stunting di Tanah Laut adalah alat ukur yang digunakan selama ini tidak standar," tutur Pj. Bupati Tanah Laut.


"Kenaikan angka stunting di Tanah Laut kemungkinan salah satunya diakibatkan penggunaan alat ukur yang tidak standar, kami sudah sediakan 200 unit alat ukur untuk digunakan kawan-kawan puskesmas mengecek ulang data stunting kesemua anak, tidak hanya sampel sehingga mendapatkan data yang akurat. Pengukuran ini kami minta juga bekerja sama dengan Dinas P2KBP3A Tala, Bappeda Tala, dan juga para camat untuk menjadi perhatian," lanjut Pj Bupati. 


Lebih lanjut Pj. Bupati berharap agar dalam menangani kasus stunting segera dilakukan langkah-langkah penanganan secara preventif oleh dokter spesialis, sehingga yang bersangkutan mendapatkan masukan dan solusi dalam penanggulanganya.


Senada dengan yang disampaikan oleh Pj. Bupati, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., melalui Pasi Ter Kapten Inf Jodi Mudasir menyampaikan bahwa pihaknya dalam penurunan dan pencegahan stunting telah mengerahkan Babinsa jajarannya dengan menyalurkan bantuan makanan tambahan berupa telur dan susu kepada keluarga dengan anak resiko stunting, serta melakukan pemantauan perkembangannya bekerjasama dengan Puskesmas maupun Bidan Desa di wilayah binaan masing-masing. (red/pen1009).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama