Pengamanan Ibadah Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh


GIANYAR, BLAHBATUH-Personel Gabungan Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh melaksanakan pengamanan Ibadah Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 di Vihara Amurva Bhumi, Kamis/23 Mei 2024.


Secara etimologis, kata waisak berasal dari bahasa Pali, yakni wesakha. Berdasarkan laman resmi Universitas Gajah Mada, Hari Raya Waisak adalah hari besar umat Buddha untuk memperingati 3 peristiwa: hari lahir Sidharta Gotama (calon Buddha Gautama), momen Sidharta mendapatkan pencerahan ilmu, dan hari mangkatnya Buddha.


Kalangan umat Buddha menyebut Waisak sebagai Hari Raya Trisuci Waisak. Karena hal itu untuk memperingati tiga peristiwa penting, pertama, kelahiran Bodhisattva (calon Buddha) Siddharta Gautama di Taman Lumbini pada tahun 623 SM. Kedua, petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna di Bodh pada tahun 588 SM. Ketiga, wafatnya Buddha Gotama (Maha Parinibbana) di Kusinara.


Sebagaimana ibadah di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh, puncak perayaan yakni pada pukul 21.52 pada detik ke-42 dipimpin Romo Made Suardana dilanjutkan upacara Pradaksina umat mengelilingi halaman Vihara sebanyak 3 kali.


Prosesi pradaksina ini bertujuan untuk memohon keselamatan serta kesehatan kepada sang Budha kemudian dilanjutkan dengan prosesi Darmasala atau persiapan doa dan meditasi yang dilaksanakan dipelataran Budha / Gedung serbaguna untuk berdoa bersama merayakan detik-detik hari raya Tri Suci Waisak 


Pengamanan kegiatan Ibadah  Hari Raya Tri Suci Waisak dipimpin oleh Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Berata,S.H. dengan melibatkan pers Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh sesuai Sprint Kapolres Gianyar Nomor : 977/V/PAM.3.3 /2024 tanggal 21 Mei 2024. ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama