Kapolres Tabanan Hadiri Penyerahan Sertifikat dan Penandatanganan Prasasti Site Unesco


Tabanan-Kamis ( 23/5/2024 ) mulai pukul 09.00 Wita s/d 11.25 Wita bertempat di Wantilan Kantor Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Kab. Tabanan telah berlangsung kegiatan Penyerahan Sertifikat dan Penandatanganan Prasasti Site Unesco.


Hadir dalam giat tersebut antara lain, Pimpinan tinggi UNESCO Prof. Krittayawan Tina  Boonto, Perwakilan Para Delegasi Negara peserta WWF sebanyak 9 orang, Rektor Universitas Muhamadiyah Malang Prof. Nasarudin, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, Sekda Tabanan Dr. I Gede  Susila, S.E., M.Si, Kapolres Tabanan AKBP Leo Dddy Defretes, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf. Riza Taufiq Hasan, S.I.P, Wakil Ketua DPRD Tabanan Ir. Ni Nengah Sri Labantari, Kepala OPD Tabanan  Camat se-Kab. Tabanan, Perbekel Desa Bengkel dan Seluruh undangan beserta masyarakat yg hadir berjumlah kurang lebih 50 orang.


Acara Penyerahan Sertifikat dan Penandatanganan Prasasti Site Unesco diawali dengan rombongan tiba di Pos 1 (DAM 2) melihat aktivitas Petani merawat sungai, kemudian melaksanakan pengamatan di TPS3R, kemudian pukul 09.25 Wita melaksanakan pengamatan di RMU, selesai di RMU kemudian rombongan melaksanakan perjalanan dan pengamatan di Sawah Subak Bengkel.


Pukul 09.51 Wita Rombongan Delegasi, Bupati Tabanan dan Kapolres Tabanan memasuki ruangan transit dan Pukul 10.13 Wita melaksanakan peresmian Denonstration Site UNESCO dengan diawali  Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa bersama dan Tarian Panyem Brahma.


Adapun amanat Bupati Tabanan mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan menyampaikan, hari ini ada kedatangan dari perwakilan beberapa Negara kiranya agar sambutan ini di translate sehingga nantinya apa yg saya sampaikan dapat mudah dimengerti, mengawali sambutan ini, saya atas nama pribadi, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Tabanan, mengucapkan selamat datang kepada pimpinan tinggi unesco dan bapak Rektor Universitas Muhammadiyah malang beserta jajarannya di Kabupaten Tabanan. Sungguh, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami atas kunjungan bapak dan ibu sekalian. 


Bupati juha ,menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim Universitas Muhammadiyah malang dan stakeholder terkait atas komitmen dan partisipasi aktif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pertanian di Kabupaten Tabanan khususnya di subak bengkel dalam menjaga predikat Kabupaten Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali. 


Kepada para masyarakat petani, khususnya petani di Subak Bengkel sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan rasa bangga saya. Mengingat subak bengkel dengan luas 335 ha, khususnya dengan luasan 1,63 hektar sebagai demonstration site” telah memberikan kontribusi produksi padi organik dengan varietas mentik susu dengan produktivitas sebesar 8 ton/hektar. Saya berharap kedepan “demonstration site yang telah dilaksanakan di Subak Bengkel menjadi momentum berharga, dengan adanya rekognisi internasional, bukan hanya sebagai lokasi pengembangan dan pemeliharaan air, akan tetapi juga menjadi pusat pengkajian pelestarian budaya subak, pelestarian ekologi dan penerapan teknologi ramah lingkungan untuk menghasilkan pangan yang berkualitas. Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, semoga langkah yang kita laksanakan hari ini akan membawa kebaikan dimasa yang akan datang, khususnya bagi generasi selanjutnya.


Selesai  amanat Bupati kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Sertifikat dari Pimpinan Unesco Kepada Bupati Tabanan yg didampingi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti Site Unesco.  


Kemudian acara dilanjutkan dengan peresmian Subak Bengkel sebagai salah satu Demonstration Site UNESCO yang ditandai dengan pemukulan alat tradisional penghalau burung.


Acara penutup penyerahan cindera mata dan sesi foto bersama. 


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama