Hardikal Ke-78, TNI AL Cetak Prajurit Jalasena Yang Berkarakter, Berintegritas, Profesional dan Modern


Surabaya-Dalam rangka memperingati puncak Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke - 78 Tahun 2024, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah, mengikuti jalannya upacara militer yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya. Selasa, (14/05/2024).


Peringatan Hardikal ke-78 kali ini mengangkat tema, “Lembaga Pendidikan TNI AL Mencetak Prajurit Jalasena yang Berkarakter, Berintegritas, Profesional dan Modern Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL Yang Handal dan Disegani".


Peserta upacara yang terdiri dari 6 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) tersebut meliputi SSY 1 : Kompi Gabungan Perwira (Kodiklatal, AAL, STTAL) dan Kompi Siswa Pasukan Khusus (Pasus) Pusdiksus Kodikopsla. SSY 2 : SSY Taruna AAL. SSY 3 : Kompi Antap dan Siswa Pusdikpomal & Kompi Kowal Kodiklatal. SSY 4 : SSY Siswa Bintara Kodiklatal. SSY 5 : SSY Siswa Tamtama Kodiklatal. SSY 6 : Kompi Gabungan PNS (Kodiklatal, AAL, STTAL), Kompi Siswa SMK Farmasi Sekesal & SMK KAL Surabaya. Disamping itu ditampilkan pula Alutsista TNI AL.


Dalam amanat Kasal yang dibacakan Wakasal mengatakan bahwa, upacara ini merupakan momentum sekaligus ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, atas berbagai prestasi dan capaian Lembaga Pendidikan TNI AL selama 78 tahun masa pengabdiannya. “Mari kita jadikan momen ini sebagai motivasi untuk meningkatkan peran dan kontribusi Lembaga Pendidikan TNI AL dalam membentuk dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Prajurit Jalasena guna mewujudkan kekuatan dan kemampuan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh,” ujar Kasal.


Menurut Pimpinan Tertinggi TNI AL, pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan TNI Angkatan Laut sangat tergantung kepada kualitas SDM sebagai pengawak alutsista maupun organisasi TNI AL. Oleh sebab itu, pembangunan SDM menjadi salah satu prioritas utama agar seluruh Alusista dan organisasi TNI AL dapat selalu diawaki oleh pengawak yang profesional, unggul dan handal. Sebagai konsekuensi dari hal tersebut, proses penyiapan personel TNI AL mulai dari rekrutmen, pendidikan serta pelatihan menjadi pondasi utama pembangunan TNI Angkatan Laut menuju Jalesveva Jayamahe.


Dalam kesempatan itu, Wakasal juga memberikan penghargaan Tanda Kehormatan Republik Indonesia, Satya Lencana Dwidya Sistha dan Dosen Terbaik kepada Kolonel Marinir Darwin Tambunan dari Seskoal, Letkol Laut (E) Juliver Hotmatua Pardede dari AAL dan Letkol Laut (P) Oscar Johanes Novi dari Kodiklatal, serta Putri Amelia yang merupakan Dosen STTAL.


Selain diisi dengan parade upacara militer, peringatan Hardikal Ke-78 yang dihadiri para Pimpinan Lemdik TNI AL, para Petinggi TNI – Polri Wilayah Jatim ini menampilkan Demonstrasi Kolone Senapan kolaborasi dengan Rapak Bedug dan Demonstrasi Jala Raga dari Siswa Kodiklatal, Display GS Jala Gita Taruna AAL kolaborasi Colour Guard dan demonstrasi Flying Pass dan Boom Burst 5 Unit Pesawat Bonanza Puspenerbal, serta penampilan dua pesawat aeromodelling yang menambah meriahnya perayaan Hardikal di Surabaya.


Dalam memperingati Hardikal 2024 yang di gelar secara spektakuler, Empat Lemdik TNI AL yakni Kodiklatal, AAL, Seskoal dan STTAL telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti, Launching dan Bakti Sosial di Bromo, Donor Darah, Fun Bike, Fun Run, Lomba Menembak, Air Soft Gun, Seminar Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Rekor Muri Lomba Mewarnai, Ziarah dan Tabur Bunga ke TMP 10 Nopember Mayjen Sungkono Surabaya, dan Longmarch menempuh jarak 78 Km dengan menggunakan perlengkapan tempur, serta Lomba Panahan Kasal Cup yang akan dihelat pada awal Juni 2024.


Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama