Dandim 1009/Tanah Laut Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke- 116 Kabupaten Tanah Laut


Pelaihari - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., menghadiri upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke- 116 yang dirangkaikan dengan peringatan HUT Ke- 75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, bertempat di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut, Jl. A. Syaerani, Kel. Angsau, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Senin (20/05/2024).


Pelaksanaan upacara dipimpin oleh Pj. Bupati Tanah Laut Ir. H. Syamsir Rahman, M.S., yang dalam amanatnya membacakan sambutan Menkominfo RI Budi Arie Setiadi, yang menyampaikan bahwa momentum Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo sebagai organinsasi yang menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.


"Boedi Oetomo menjadi awal tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal. Dari sana pula timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia-Belanda. Pendidikan yang hanya ditujukan bagi kalangan tertentu diperluas untuk seluruh rakyat. Semua perluasan cita-cita yang telah ditumbuhkan Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada Proklamasi kemerdekaan," tutur Pj. Bupati.


"Semangat Hari Kebangkitan Nasional dan nilai-nilai perjuangan Budi Utomo diharapkan dapat terus hidup dan menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya dalam menghadapi tantangan dan meraih masa depan yang lebih gemilang. Dengan meneladani semangat para pahlawan, generasi muda Tanah Laut diharapkan dapat membawa perubahan positif dan kemajuan bagi daerah mereka," pesan Pj. Bupati.


Seusai pelaksanaan Upacara, Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., berkesempatan menyapa dan memberikan semangat kepada para veteran dan janda veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tanah Laut.


"Beliau-beliau ini merupakan sesepuh dan suritauladan bagi kita semua, para pejuang yang telah berkontribusi besar bagi kemerdekaan Indonesia. Sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus melanjutkan perjuangan mereka dengan berkontribusi positif memajukan Bangsa Indonesia, menyongsong "Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas 2045," ungkap Dandim. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama