Cegah Stunting Personel Kodim 1009/Tanah Laut Aktif Dampingi Petugas Kesehatan Mendata Dan Memberikan Edukasi


Tanah Laut - Sebagai upaya dalam mendukung program pelaksanaan 10 pasti intervensi serentak penurunan stunting yang dicanangkan oleh Pemkab Tanah Laut (Tala) beberapa hari yang lalu, Babinsa Desa Pagatan Besar Koramil 1009-04/Takisung Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Serda Rustam, mendampingi petugas kesehatan Puskesmas Takisung dan Bidan Desa (Bindes) dalam melaksanakan kegiatan Posyandu Balita di Desa Pagatan Besar, Kec. Takisung, Kab. Tala, Selasa (28/05/2024).


Dalam pelaksanaannya, dilakukan pemantauan tumbuh kembang anak seperti menimbang berat, mengukur tinggi badan dan lingkar kepala anak, yang bertujuan untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi gejala stunting  sejak dini. 


Selanjutnya petugas kesehatan juga memberikan arahan kepada orangtua agar menerapkan pola makan yang baik dan bergizi seimbang, termasuk bagi ibu-ibu hamil dengan harapan asupan gizi dapat terpenuhi sejak bayi masih berada dalam kandungan.


Dalam kesempatan itu Serda Rustam mengatakan bahwa pendampingan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di wilayah serta mewujudkan program pemerintah dalam menciptakan balita yang sehat dan terhindar dari Stunting.


Menyikapi perihal tersebut diatas, Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., menyampaikan bahwa peran aktif Babinsa dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu menunjukkan kolaborasi yang kuat antara Babinsa dan petugas kesehatan dalam mendukung pelayanan kesehatan masyarakat, demi terwujudnya balita yang sehat, sebagai generasi penerus bangsa yang unggul.


"Kodim 1009/Tla telah berkomitmen berperan serta dalam pencegahan dan penurunan angka stunting dengan menerjunkan para Babinsa membantu petugas kesehatan seperti menyalurkan bantuan berupa telur, susu mineral, dan makanan tambahan lainnya. Serta melakukan pemantauan tumbuh kembang anak yang terindikasi Stunting dan membuat laporannya secara berkala," tegas Dandim. (Pendim 1009/Tla)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama