Polsek Selemadeg tingkatkan pengamanan Umat Kristiani di Rumah Ibadah Tirta Urip


Tabanan-Polsek Selemadeg tingkatkan pengamanan Umat Kristiani di Rumah Ibadah Tirta Urip di Banjar Bajera Kaja dari H-1 dan hari H, Senin (25/12). Patroli dan sterilisasi dilakukan di 2 tempat Rumah Ibadah di wilayah Hukum Polsek Selemadeg.

Tabanan – Polsek Selemadeg yang dipimpin langsung Kapolsek Selemadeg Kompol Sugianyar Ardika, S.H. Bersama personil melaksanakan patroli dan pengamanan giat Ibadah Natal Umat Kristiani yang dilaksanakan Ibadah Natal di Rumah Ibadah Tirta Urip di Banjar Bajera Kaja, Desa Bajera, Kec. Selemadeg dipimpin oleh Pendeta Agus Joko Manteus yang diikuti oleh 40 orang umat dengan Tema Menjadi Gereja Pembawa Keadilan dengan Sub Tema Kemuliaan Bagi Allah dan menjadi Damai Sejahtera di Bumi. Senin (25/12/2023) Pagi.


Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sugianyar Ardika, S.H. mengungkapkan, peningkatan patroli tersebut untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif “kita harus selalu waspada patroli dan penjagaan kita tingkatkan terutama ke tempat ibadah saat menjelang Natal dan hari H saat pelaksanaan ibadah Natal, Ujarnya” 


Sterilisasi dan Pengamanan Polsek Selemadeg rumah ibadah umat Kristianai berjumlah 2 (dua) tempat yang berbeda yakni Rumah Ibadah Tirta Urip di Banjar Bajera Kaja, Desa Bajera, Kec. Selemadeg dan Balai Pembina Iman (B.P.I) Gloria di Br. Bajera Jero, Ds. Bajera, Kec. Selemadeg yang digunakan umat Kristiani dalam merayakan Natal 2023, Senin (25/12/23) sekira pukul 09.00. Wita Yang dilakukan ini untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan potensi aksi terorisme.


Terpantau di Rumah Ibadah Tirta Urip di Banjar Bajera Kaja, Desa Bajera, Kec. Selemadeg, Polsek Selemadeg berjaga di kawasan rumah ibadah. Jemaat yang hendak masuk di rumah ibadah dilakukan pengecekan terhadap barang bawaan. Ketika berada di halaman bagian dalam, terdapat kurang lebih tujuh anggota Polsek Selemadeg, melakukan pemeriksaan secara teliti.


Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sugianyar Ardika, S.H. mengatakan, bahwa  pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel untuk berjaga di dua lokasi berbeda dan sekitar rumah ibadah umat Kristiani dan telah berkomunikasi dengan instansi lainnya.


Termasuk seperti Koramil Selemadeg, Kasi Trantib Kec. Selemadeg, Perbekel Desa Bajera, Para Kawil dan Pecalang Desa Bajera untuk mewaspadai adanya gangguan kamtibmas. 


"Meskipun tidak menemukan adanya informasi terkait adanya gangguan kamtibmas, kami tetap waspada untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya jemaat," papar Kapolsek Selemadeg, Senin Pagi.


Pengamanan di tempat-tempat ibadah juga merupakan salah satu yang masuk agenda yang menjadi atensi dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, melalui Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H. yakni bahwa setiap penyelenggaraan pengamanan yang dilakukan oleh aparat Kepolisian, harus bisa direalisasi.


"Untuk pengamanan di rumah ibadah, sebelum beribadah anggota melakukan sterilisasi," ucapnya. 


Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sugianyar Ardika, S.H. ditempat berbeda menambahkan “Apa yang menjadi atensi pimpinan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat, Polsek Selemadeg melaksanakan patroli dan pengamanan dalam menjaga keamanan tetap kondusif di wilkum Polsek Selemadeg”.Jelasnya


Dalam kesempatan tersebut Pdt. Agus Joko Manteus “menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak Kepolisian yang sudah melakukan pengamanan di Rumah Ibadah Tirta Urip, sehingga pelaksanaan ibadah Natal berjalan dengan aman dan lancar serta kondusif,” Ujar Pdt. Joko Manteus


Kapolsek Selemadeg  Kompol I Nyoman Sugianyar Ardika, S.H., seijin Kapolres Tabanan  mengatakan, “untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, serta merupakan wujud pengamanan setiap kegiatan keagamaan yang berada di wilayah hukum Polsek Selemadeg, sehingga setiap pemeluk Agama akan merasa aman dan nyaman dengan kehadiran Polisi,” Ujarnya.


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama